Bagian Bagian Kabel Fiber Optic dan Penjelasannya

Posted by

Memang sekarang keperluan internet yang kencang menjadi kebutuhan bagi kita, oleh sebab itu kabel fiber optic dipilihlah oleh para perusahaan telekomunikasi di indonesia untuk memperluas akses internet mereka.

Pengertian Kabel Fiber Optic

Kabel fiber optic (FO) adalah jenis kabel jaringan yang terbuat dari kaca yang berbentuk seperti serat dan dilapisi oleh beberapa lapisan, kabel ini berfungsi sebagai media transmisi karena kecepatan pengirimannya sangat cepat dibanding kabel yang lain.
Cara keja kabel ini menggunakan pembiasan cahaya dari satu titik ke titik yang lain. Untuk ukuran inti dari kabel ini sekitar 2-50 mikrometer bahkan lebih lembut dari rambut manusia.

Komponen Kabel Fiber Optic

Bagian Bagian Kabel Fiber Optic dan Penjelasannya. ilmukomp-tkj

Berikut adalah penjelasan dari komponen fiber optic dari gambar diatas

  • CORE, atau disebut inti dari fiber optic adalah bagian utama kabel yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya perambatan cahaya dari satu titik ke titik lainnya. Letaknya tepat ditengah tengah kabel fiber optic
  • CLADDING, juga disebut jaket adalah lapisan yang menyelubungi inti pada kabel fiber optic yang terbuat dari kaca. Cladding ini berperan sangat penting pada saat pengiriman data karena berkat cladding cahaya bisa merambat dalam inti serat optic.
  • COATING, lapisan ini berfungsi sebagai pelindung cladding yang biasanya terbuat dari plastik. Coating melindungi gangguan dari luar seperti kelembapan dan lengkungan kabel yang dapat menghambat proses transmisi data. Biasanya coating memiliki beragam warna untuk mempermudah dalam penyusunan.
  • STRENGTH MEMBER & OUTER JACKET, lapisan ini merupakan perlindungan utama kabel fiber optic terhadap gangguan fisik secara langsung. Lapisan ini merupakan lapisan paling kuat dan tebal.


Demo Blog NJW V2 Updated at: Juni 25, 2019

0 komentar:

Posting Komentar