Jenis Jenis Kabel dalam Jaringan beserta Fungsinya

Posted by



Pengertian Kabel Jaringan

      Kabel jaringan komputer adalah salah satu perangkat keras komputer berupa kabel yang dirancang khusus dengan kriteria tertentu, serta memiliki peran penting karena bertugas sebagai penghubung dengan karakteristik yang dikategorikan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline) dalam suatu jaringan komputer.     

    Kabel berfungsi untuk mentransmisikan data yang diperoleh dari server, menuju komputer user atau client dengan mengandalkan konektivitas dari sebuah kabel. Dengan adanya jaringan kabel ini, maka sebuah jaringan bisa dibangun hanya dengan cara mengkoneksikan kabel dengan server, client, dan juga perangkat keras jaringan lainnya.

     Tentu saja, penggunaan kabel jaringan harus juga didukung oleh berbagai macam perangkat keras jaringan yang memadai dan juga berkualitas, agar nantinya proses transfer dan transmisi data menjadi lebih baik lagi dan juga tidak mengalami gangguan.

Jenis Jenis Kabel Dalam Jaringan

Setidaknya ada 3 macam kabel yang termasuk dalam kategori kabel jaringan komputer. Untuk memahaminya silahkan anda baca artikel di bawah ini.

1.Kabel Coaxial

      Kabel coaxial adalah jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar di mana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikeliling oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar. Prinsip kerja Coaxial dengan cara menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Biasanya jenis kabel ini digunakan dalam topologi ring dan topologi bus.

Bagian bagian kabel coaxial

  • Isolator luar (outer jacket) yang merupakan bagian kulit pembungkus terluar untuk melindungi seluruh bagian kabel.
  • Pelindung (barided copper shielding) yang merupakan serabut kabel terpilin bersilang yang berfungsi mengantisipasi frekuensi listrik yang tidak diinginkan.
  • Isolator dalam (plastic insulation) yang merupakan kulit pelapis kabel konduktor.
  • Konduktor (copper cunductor) merupakan inti kabel tunggal atau serabut yang berfungsi sebagai medium transmisi data.
2. Kabel Twisted Pair

     Kabel twisted pair adalah kabel yang digunakan untuk melakukan transmisi paket data kesebuah jaringan dimana bentuk fisik kabel ini memiliki pasangan kabel yang berbelit satu sama lainnya. Masing masing kabel diberi warna yang berbeda satu dengan yang lainnya guna memudahkan kita dalam proses memasang kabel ke dalam konektor.Kabel twisted pair terbagi menjadi 3 yaitu:
  • Unshielded Twisted Pair (UTP)
  • Shielded Twisted Pair (STP)
  • Foiled Twisted Pair (FTP)




Demo Blog NJW V2 Updated at: November 15, 2017

0 komentar:

Posting Komentar